Tangan Palsu Jatuh, Pilot Inggris Sukses Daratkan Pesawat

Kamis, 14 Agustus 2014 - 11:55 WIB
Tangan Palsu Jatuh, Pilot Inggris Sukses Daratkan Pesawat
Tangan Palsu Jatuh, Pilot Inggris Sukses Daratkan Pesawat
A A A
BIRMINGHAM - Seorang pilot berhasil mendaratkan pesawat Flybe dengan 46 penumpang hanya dengan satu tangan. Sebab, salah satu tangan palsunya terlepas dan jatuh.

Pilot itu sukses mendaratkan pesawat dengan aman di Bandara Belfast, Birmingham, Inggris. Aksi pilot berusia 46 tahun itu sangat dramatis. Oleh para penumpangnya, pilot bertangan satu itu dianggap pahlawan.

Tangan kiri palsu pilot itu sedianya untuk mengontrol ketinggian pesawat ketika sistem auto-pilot dimatikan. Tapi, insiden mengerikan tiba-tiba terjadi setelah tangan palsunya itu terlepas dan jatuh.

Pihak Investigasi Kecelakaan Pesawat dalam laporannya, Kamis (14/8/2014) membenarkan insiden itu. ”Dia (pilot) membuat keputusan cepat dan memerintahkan co-pilot untuk mengambil kendali,” bunyi laporan tersebut, seperti dikutip Mirror.

”Namun, karena co-pilot hanya memiliki sedikit waktu untuk menerima informasi yang diperlukan terkait tindakan mengambil alih kendali pesawat, makan kondisinya sangat menantang. Kapten pilot akhirnya mengambil tindakan terbaik, yakni memindahkan fungsi tangan kanannya untuk mengendalikan pesawat,” imbuh laporan itu.

Laporan itu tidak menyebut identitas kapten pilot. Sementara itu, pihak maskapai Flybe, menyatakan, kapten pilot tersebut memiliki pengalaman terbang lebih dari 8.000 jam. Dia bergabung dengan maskapai Flybe pada tahun 2006. ”Kami bangga menjadi pihak yang memberikan layanan terbaik,” bunyi pernyataan maskapai.

“Berarti kita mempekerjakan staf dengan kemampuan fisik yang berkurang,” imbuh pernyataan maskapai yang membanggakan kemampuan pilotnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4732 seconds (0.1#10.140)