Maryam, Wanita Pertama Peraih Hadiah Setara Nobel

Rabu, 13 Agustus 2014 - 18:23 WIB
Maryam, Wanita Pertama Peraih Hadiah Setara Nobel
Maryam, Wanita Pertama Peraih Hadiah Setara Nobel
A A A
TEHERAN - Seorang matematikawan kelahiran Iran telah menjadi wanita pertama yang memenangkan hadiah bergengsi global yang dikenal dengan nama Fields Medal. Hadiah itu setara dengan Nobel Matematika.

Wanita asal Iran bernama Maryam Mirzakhani itu merupakan ahli matematika di Universitas Harvard. Dia juga dikenal sebagai profesor di Universitas Stanford di California, Amerika Serikat.

Maryam adalah satu dari empat pemenang yang diumumkan pada sebuah konferensi di Seoul, Korea Selatan, Rabu (13/8/2014).

Maryam dikenal sebagai seorang ahli dalam geometri yang tidak biasa. Dia mahir dalam cara baru untuk menghitung volume permukaan hiperbolik yang berbentuk aneh.

”Lancar dalam berbagai teknik matematika dan budaya matematika yang berbeda, ia mewujudkan kombinasi langka dari kemampuan teknis yang luar biasa, ambisi berani, bervisi jauh dan rasa ingin tahunya yang mendalam,” kata kelompok ICM, pemberi penghargaan itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

Maryam lahir di Teheran pada tahun 1977. Dia mendapatkan gelar PhD-nya pada tahun 2004 dari Universitas Harvard.

Dia sebelumnya telah memenangkan Blumenthal Award 2009 atas perannya dalam PenelitianMatematika Murni. Dia juga pernah meraih Satter Award dari maysarakat Amerika pecinta matematika.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6428 seconds (0.1#10.140)