Fidel Castro Umumkan Dukung Palestina

Minggu, 10 Agustus 2014 - 12:53 WIB
Fidel Castro Umumkan Dukung Palestina
Fidel Castro Umumkan Dukung Palestina
A A A
HAVANA - Mantan Presiden Kuba, Fidel Castro mengumumkan dirinya mendukung gerakan pro-Palestina. Kepastian dukungan ini didapat setelah Castro menandatangi manifesto internasional untuk mendukung Palestina.

Melansir Al Arabiya, Minggu (10/8/2014), isi dari manifesto itu adalah menuntut Israel menghormati resolusi PBB dan menarik diri dari Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem Timur. Castro mengikuti beberapa tokoh kemanusian dan politisi internasional yang sebelumnya telah menandatangani manifesto tersebut.

Selain Castro, presiden Bolivia, Evo Morales, artis Argentina dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Adolfo Perez Esquivel, penari Kuba Alicia Alonso dan penulis asal Amerika Serikat Alice Walker juga ikut menandatangani manifesto itu.

Manifesto ini dipromosikan oleh Jaringan di Pertahanan Kemanusiaan, yang meliputi beberapa kelompok di Amerika Latin. Gerakan ini menyerukan seluruh negara di dunia untuk mendesak Israel untuk menghormati resolusi Dewan Keaman PBB tahun 1967.

Negara-negara di Amerika Latin memang menjadi salah satu pihak yang lantang menentang agresi militer Israel di Gaza. Castro sendiri telah menuduh Israel terlibat dalam bentuk baru fasisme melalui operasi militer yang mematikan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6466 seconds (0.1#10.140)