Kotak Hitam MH17 Dikirim ke Inggris

Rabu, 23 Juli 2014 - 15:41 WIB
Kotak Hitam MH17 Dikirim ke Inggris
Kotak Hitam MH17 Dikirim ke Inggris
A A A
KUALA LUMPUR - Kotak hitam milik pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 nampaknya tidak akan dianilis di Malaysia. Hal tersebut disampaikan oleh pihak pemerintah Malaysia, yang menyatakan kotak hitam itu akan dikirim ke Inggris.

“Kotak hitam MH17 akan dikirim ke Inggris untuk dianlisis,” ungkap pemerintah Malaysia. Seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (23/7/2014). Pengiriman ini berdasarkan permintaan Belanda sebagai ketua tim penyelidik kecelakaan.

"Tim investigasi internasional, yang dipimpin oleh Belanda, telah memutuskan untuk membawa kotak hitam ke Badan Investigasi Kecelakaan Pesawat di Inggris untuk dilakukan analisis forensik," ungkap Menteri Transportasi Malaysia, Liow Tiong Lai.

“Perekam data penerbangan ini akan segera diterbangkan ke Farnborough, Inggris. Pengiriman akan didampingi beberapa pejabat Malaysia dan beberpa anggota dari tim investigasi internasional,” Lai menambahkan.

Lai mengatakan, hal ini adalah prosedur normal untuk mengirim kotak hitam, yang merekam aktivitas kokpit dan data penerbangan, ke laboratorium terdekat dari lokasi kecelakaan yang telah disetujui oleh badan penerbangan PBB dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Kotak hitam itu sendiri baru diserahkan oleh pihak separatis pro-Rusia, yang menguasai lokasi jatuhnya pesawat nahas tersebut awal pekan lalu kepada tim khusus yang dikirim Malaysia ke Ukraina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5951 seconds (0.1#10.140)