Al-Qaeda Afrika Tak Akui Khalifah Islam Versi ISIS

Selasa, 15 Juli 2014 - 13:04 WIB
Al-Qaeda Afrika Tak Akui Khalifah Islam Versi ISIS
Al-Qaeda Afrika Tak Akui Khalifah Islam Versi ISIS
A A A
SAHEL - Kelompok Al-Qaeda di Afrika Utara, menolak mengakui kekhalifahan Islam yang diproklamirkan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Kelompok al-Qaeda di Maghreb Islam (AQIM) memilih loyal dengan pemimpin al-Qaeda, Ayman al-Zawahri.

ISIS yang kini berubah nama menjadi Negara Islam bulan lalu memproklamirkan kekhalifahan Islam. Di mana, pemimpin kelompok itu, Abu Bakar al-Baghdadi ditunjuk sebagai khalifah untuk umat Islam sedunia. Kelompok Negara Islam juga bersumpah untuk memperluas wilayah mereka selain di wilayah Irak utara dan perbatasan Suriah.

Penolakan pengakuan khalifah versi kelompok Negara Islam oleh AQIM itu muncul dalam sebuah situs SITE, sebuah organisasi yang berbasis di Amerika Serikat yang memantau komunikasi para militan.

“Kami mengkonfirmasi bahwa kami masih memegang teguh janji kami setia kepada syekh dan emir, Ayman al-Zawahri,” bunyi pernyataan AQIM, seperti dikutip Reuters, Selasa (15/7/2014).

Ayman al-Zawahri adalah pemimpin al-Qaeda pengganti Osama bin Laden yang tewas dibunuh pasukan khusus AS di Afghanistan tahun 2011. Ayman sendiri hingga kini belum bersikap soal munculnya khalifah Islam sedunia yang diproklamirkan kelompok Negara Islam.

AQIM awalnya berbasis di Aljazair. Namun, kini berkembang lebih luas di seluruh wilayah Sahel, Afrika Utara. Pemimpinnya adalah Abdelmalek Droukdel yang telah bersumpah setia kepada pemimpin al-Qaeda.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6716 seconds (0.1#10.140)