Rusia Tangguhkan Perjanjian Zona Perdagangan Bebas dengan Ukraina

Jum'at, 04 Juli 2014 - 21:29 WIB
Rusia Tangguhkan Perjanjian Zona Perdagangan Bebas dengan Ukraina
Rusia Tangguhkan Perjanjian Zona Perdagangan Bebas dengan Ukraina
A A A
MOSKOW - Keputusan Ukraina untuk menandatangani perjanjian kerjasama dengan Uni Eropa (UE) ternyata membawa efek berantai. Akibat hal itut, pemerintah Rusia dikabarkan akan mengangguhkan perjanjian zona perdagangan bebas dengan Ukraina.

Melansir Voice of Russia, Jumat (4/7/2014), Wakil Kepala Bea Cukai Rusia, Tatyana Golendeyeva menyatakan, setelah Ukraina menandatangani perjanjian dengan UE, Rusia mulai mempertimbangkan akan mencabut kerjasama dengan Ukraina.

"Kami sedang mempertimbangkan apakah akan menangguhkan perjanjian perdagangan bebas dengan Ukraina atau mengakhiri kerjasama ini. Hal Ini menyangkut penghentian impor bebas cukai dari produk Ukraina," ungkap Golendeyeva.

Menurut Golendeyeva, keputusan akan diambil setelah Perjanjian UE dengan Ukraina mulai berlaku. Namun, hingga saat ini pemerintah Rusia belum mengetahui kapan tepatnya kerjasama tersebut akan resmi dimulai.

Perjanian Perdagangan Bebas Ukraina dengan Rusia sendiri dicapai ketika masa pemerintahan Vicktor Yanukovich. Pemerintahan era Yanukovich sendiri memang dikenal lebih pro kepara Rusia dibanding dengan UE.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7360 seconds (0.1#10.140)