Menhan Baru Ukraina Bersumpah Rebut Crimea dari Rusia

Jum'at, 04 Juli 2014 - 09:46 WIB
Menhan Baru Ukraina Bersumpah Rebut Crimea dari Rusia
Menhan Baru Ukraina Bersumpah Rebut Crimea dari Rusia
A A A
KIEV - Menteri Pertahanan (Menhan) baru Ukraina, Valeriy Heletey, 46, bersumpah bahwa tentaranya akan merebut kembali Crimea yang telah dicaplok Rusia.

Pencaplokan wilayah Crimea oleh Rusia setelah referendum sekitar Maret lalu, membuat Amerika Serikat dan negara-negara Barat marah terhadap Rusia.

Saat pelantikan di parlemen, Heletey menjanjikan kemenangan untuk Ukraina. ”Akan ada parade kemenangan di Sevastopol, Ukraina,” katanya.

Menhan baru Ukraina berpangkat letnan jenderal itu mendapat persetujuan dari parlemen untuk memimpin garda keamanan Ukraina setelah direkomendasikan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko.

Pernyataannya yang menjanjikan untuk merebut Crimea dari Rusia itu disambut para anggota parlemen. Crimea menjadi wilayah yang sensitif bagi Rusia dan Ukraina. Sebab, di wilayah itulah Armada Laut Hitam Rusia berdiri.

Sebelum krisis Ukraina pecah, Rusia dan Ukraina telah terikat kontrak untuk menyewakan wilayah yang jadi pusat Armada Laut Hitam itu kepada Rusia. Setelah krisis pecah, Ukraina ingin mengambil alih wilayah tersebut. Namun, Rusia bergerak cepat dengan menganeksasi Crimea setelah rakyat di wilayah itu menyatakan pisah dari Ukraina.

Menhan baru Ukraina itu, sepertii dikutip Reuters, Jumat (4/7/2014) akan melanjutkan tugas berat untuk menumpas separatis pro-Rusia di Ukraina timur.

Ukraina telah resmi meluncurkan operasi militer terbaru, setelah Poroshenko mencabut gencatan senjata. Sejak operasi militer terbaru yang dimulai beberapa hari yang lalu, setidaknya lima tentara Ukraina tewas dan 28 lainnya terluka.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7287 seconds (0.1#10.140)
pixels