Ketakutan Teror Bom di Pesawat, Bandara di AS Diperiksa

Kamis, 03 Juli 2014 - 10:44 WIB
Ketakutan Teror Bom di Pesawat, Bandara di AS Diperiksa
Ketakutan Teror Bom di Pesawat, Bandara di AS Diperiksa
A A A
WASHINGTON - Aparat keamanan Amerika Serikat meningkatkan keamanan di berbagai bandara internasional secara ketat. Sebab, mereka ketakutan dengan teror bom yang mungkin diselundupkan di pesawat oleh kelompok al-Qaeda di Suriah dan Yaman.

Langkah serupa juga akan dilakukan bandara internasional di Eropa, Afrika dan Timur Tengah. ”Untuk meningkatkan keamanan, tindakan akan dilaksanakan dalam beberapa hari berikutnya di bandara-bandara internasional di luar negeri yang melayani penerbangan langsung ke Amerika Serikat (AS),” bunyi pernyataan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, seperti dikutip Reuters, Kamis (3/7/2014).

”Kami berbagi informasi terbaru dan relevan dengan sekutu asing kami, dan berkonsultasi dengan industri penerbangan,” imbuh Menteri Keamanan Dalam Negeri, Jeh Johnson, dalam sebuah pernyataan.

Johnson mengaku sudah mengarahkan pihak Administrasi Keamanan Transporrasi untuk menerapkan langkah-langkah pengetatan keamanan sebelum libur musim panas yang dimulai 4 Juli 2014, besok.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada Reuters, mengatakan pemeriksaan ketat itu juga meliputi pemeriksaan sepatu penumpang dan berbagai properti lainnya. Sepatu penumpang menjadi fokus pemeriksaan, sebab pernah muncul informasi bahwa teroris menyelipkan bom di sepatu yang tidak terdeteksi oleh peralatan petugas.

“Kami terus mengevaluasi situasi dunia dan kami tidak jarang melakukan perubahan aturan pemeriksaan keamanan pesawat. Jadi ini adalah sesuatu yang terjadi secara berkala dan orang-orang seharusnya tidak bereaksi berlebihan terhadap itu,” imbuh Johnson.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6480 seconds (0.1#10.140)