Poroshenko Desak Putin Perketat Perbatasan

Senin, 30 Juni 2014 - 17:47 WIB
Poroshenko Desak Putin...
Poroshenko Desak Putin Perketat Perbatasan
A A A
KIEV - Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, mendesak Presiden Rusia, Vladimir Putih untuk lebih mengawasi wilayah perbatasan. Menurut Poroshenko, hal ini perlu dilakukan untuk memininalisir keluar masuknya kaum separatis yang mencari senjata ke wilayah Rusia.

Melansir VOA, Senin (30/6/2014), desakan tersebut disampaikan Poroshenko saat dirinya melakukan pembicaraan dengan Putin melalui sambungan telepon, semalam. Desakan ini muncul, setelah kembali terjadi bentrokan antara separatis dengan pasukan pemerintah Ukraina.

“Poroshenko meminta Putin untuk memperkuat kontrol perbatasan dari sisi Rusia, guna menghentikan aliran senjata dan masuknya para pejuang, serta tentara tentara bayaran ke wilayah Ukraina,” ungkap pihak kepresidenan Ukraina melalui sebuah pernyataan.

Poroshenko sendiri dikabarkan akan memperpanjang masa gencatan senjata hingga malam ini, yang sejatinya berakhir akhir pekan lalu. Perpanjangan gencatan senjata ini dilakukan untuk mempersiapkan upaya awal pembicangan damai antara pemerintah dan separatis pro-Rusia.

Rusia sendiri semakin dibayangi oleh sanksi terbaru yang akan menimpa mereka. Uni Eropa dan Amerika Serikat dikabarkan sudah siap menjatuhkan sanksi bila Rusia gagal melakukan mediasi upaya damai antara separatis dan pemerintah Ukraina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1414 seconds (0.1#10.140)