Ini Celana Anti-Perkosaan Karya Wanita India

Jum'at, 27 Juni 2014 - 17:22 WIB
Ini Celana Anti-Perkosaan Karya Wanita India
Ini Celana Anti-Perkosaan Karya Wanita India
A A A
NEW DELHI - Dua perempuan India telah merancang celana jeans yang diklaim bisa untuk mencegah tindak perkosaan.

Celana itu diberi peralatan elektronik yang terhubung langsung ke kantor polisi terdekat jika si pemakainya membutuhkan bantuan polisi untuk melawan si pemerkosa.

Celana itu dirancang khusus, setelah serangkaian kasus perkosaan terjadi di India. Perancang celana anti-perkosaan itu adalah Diksha Pathak, 21, dan Anjali Srivastava, 23, asal Kota Varanasi utara, India.

Cara kerja alat elektronik di celana itu adalah, ketika ditekan maka akan mengirim sinyal panggilan darurat langsung ke kantor polisi terdekat. Untuk mendukung karya dua perempuan India itu, sekitar 200 kantor polisi di India telah dilengkapi dengan teknologi yang mampu menerima panggilan darurat.

Uji coba celana itu akan dilakukab bula depan. Jika berhasil, parlemen India akan mengusulkan agar program celana anti-perkosaan itu diperluas secara nasional.”Kami telah berpikir membuat perangkat ini untuk waktu yang lama,” kataPathak, seorang mahasiswa ilmu dan putri seorang sopir taksi, seperti dikutip Daily Mail, semalam (26/6/2014).

“Ayah saya sering cemas dan khawatir setiap kali saya pulang terlambat. Pemerkosaan ini mengerikan, kita telah mendengar begitu banyak berita mengejutkan baru-baru ini. Mudah-mudahan tidak ada perempuan lain yang harus menderita jika mereka mengenakan pakaian kami,” lanjut Pathak.

Dalam merancang celana itu, dia dibantu temannya yang merupakan mahasiswa jurusan elektronik. Sepasang celana jeans anti-perkosaan itu seharga kurang dari 25 Rupe atau sekitar Rp5 ribu. Dalam celana itu terdapat baterai yang harus diganti setiap tiga bulan sekali jika aktif dipakai.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6783 seconds (0.1#10.140)