Cari Solusi Konflik, Kerry Terbang ke Timur Tengah

Minggu, 22 Juni 2014 - 17:07 WIB
Cari Solusi Konflik, Kerry Terbang ke Timur Tengah
Cari Solusi Konflik, Kerry Terbang ke Timur Tengah
A A A
BAGHDAD - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry, pada Minggu (22/6/2014) dilaporkan akan melakukan kunjungan ke wilayah Timur Tengah untuk mencari solusi atas konflik sektarian yang semakin memanas di Irak.

Melansir Channel News Asia, semalam Kerry dilaporkan bertolak dari Washington dan menuju ke Amman untuk bertemu dengan beberapa petinggi Irak dan negara Arab lainnya. Setelah itu, ia dijadwalkan bertolak ke Brussels dan Paris.

Kerry sendiri sebenarnya diharapkan oleh para pemimpin Irak untuk datang langsung ke negara mereka dan membicarakan langkah-langkah kongkrit yang bisa diambil untuk bisa menanggulangi konflik di negara kaya minyak itu.

Kunjungan Kerry ke Timur Tengah sendiri selain untuk mencari solusi, juga memiliki tujuan untuk menyatukan para pemimpin Irak yang mulai terpecah, setelah kian goyahnya kepercayaan terhadap Perdana Menteri Nuri al Maliki. Ia dianggap gagal memimpin Irak paska militan mengambil alih beberapa kota penting di negara itu.

Sebelumnya juga diberitakan, militan Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) kembali berhasil menguasai empat kota, salah satunya adalah Al-Qaim, kota penting di provinsi terbesar di irak, Anbar yang merupakan gerbang perbatasan Irak dan Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7231 seconds (0.1#10.140)