Tidur saat Sidang, Presiden Uganda Berdalih Meditasi

Jum'at, 20 Juni 2014 - 13:01 WIB
Tidur saat Sidang, Presiden Uganda Berdalih Meditasi
Tidur saat Sidang, Presiden Uganda Berdalih Meditasi
A A A
KAMPALA - Sebuah stasiun televisi di Uganda dilarang meliput acara presiden. Musababnya, stasiun televisi itu menayangkan gambar yang menunjukkan Presiden Uganda,Yoweri Museveni tertidur saat rapat bersama anggota parlemen.

Stasiun televisi NTV itu dianggap salah memberitakan.”Presiden memiliki kebiasaan bermeditasi dan mereka tahu itu. Mereka pergi dengan berita bahwa presiden sedang tidur. Televisi itu tidak boleh meliput acara presiden, bukan permanen tapi sementara agar mereka berpikir,” kata Dennis Katungi, manajer media center pemerintah Uganda, kepada AFP, semalam (19/6/2014).

Presiden Museveni merebut kekuasaan pada tahun 1986 dan sekarang menjadi salah satu pemimpin terlama di Afrika. Selama memimipin, Museveni tidak terlepas dari kebijakan-kebijakan kontroversial. Tahun 2011, misalnya dia pernah menarik dukungan kaum muda dengan merilis lagu rap.

Kemudian awal tahun ini, dia menandatangani RUU Anti-Homo Seksual menjadi UU. Aturan yang dibenci Amerika Serikat dan negara-negara Barat itu berisi hukuman penjara seumur hidup bagi pelaku homo seksual. (Baca: Presiden Uganda: Pelaku Homoseks Dipenjara Seumur Hidup!)

Juru bicara pemerintah Uganda, Ofwono Opondo, menegaskan bahwa NTV Uganda akan dihukum atas pemberitaan itu.”Kurang profesional dan bias,” katanya menilai pemberitaan tersebut.”Kami telah menangguhkan layanan (liputan) presiden untuk mereka.”

Sementara itu, pihak NTV Uganda, yang dimiliki oleh Nation Media Group Kenya, mengatakan, pihaknya tidak diberitahu tentang adanya sanksi tersebut. Sanksi itu juga dikritik pengawas media atas bekurangnya kebebasan berekspresi di Uganda.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5092 seconds (0.1#10.140)