Dilecehkan, Alasan WNI Bentrok dengan Warga Sri Lanka

Senin, 09 Juni 2014 - 15:43 WIB
Dilecehkan, Alasan WNI Bentrok dengan Warga Sri Lanka
Dilecehkan, Alasan WNI Bentrok dengan Warga Sri Lanka
A A A
JAKARTA - Dua warga negara Indonesia berhasil dipulangkan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia dari Arab Saudi, setelah terbebas dari hukuman mati. Dua WNI itu terlibat bentrokan massal dengan di Arab Saudi yang menewaskan warga Sri Lanka.

Kedua WNI mengaku, bentrokan massal itu dipicu oleh korban yang melecehkan WNI. Keduanya berhasil dipulangkan ke Tanah Air oleh Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu Indonesia, Senin (9/6/2014).

Anang Waluyo WNI asal Lumajang dan Haryanto WNI asal Bantul saat ditemui Sindonews mengungkap alasan bentrokan massal dengan warga Sri Lanka di Arab Saudi. "Warga Sri Lanka itu menghampiri kami dan meminta wanita Indonesia, itu yang membuat kami tersinggung dan merasa dilecehkan," ungkap Anang.

“Awalnya terjadi adu mulut saja, tapi tiba-tiba ada seorang warga Sri Lanka melakukan pemukulan terhadap salah satu warga Indonesia. Akhirnya terjadilah perkelahian massal itu,” lanjut Anang.

Kedua WNI itu sebenarnya merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi. Mereka bekerja sebagai sopir dan dekorasi rumah. Satu hal yang mengejutkan, mereka tidak tahu jika dalam bentrokan massal itu ada korban tewas.

“Kita tidak tahu kalau ada yang meninggal, karena lokasi warga Sri Lanka yang meninggal itu cukup jauh dari tempat kami berdiri,” papar Haryanto. Merek berdua akhirnya ditangkap karena ada seorang saksi yang menunjuk mereka sebagai pelaku pemukulan.

Berkat kerja keras pihak PWNI-BHI mereka akhirnya bisa dibebaskan dari tuduhan itu dan bisa kembali ke tanah air. Mereka dijadwalkan akan kembali pulang ke kampung halaman mereka sore ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6494 seconds (0.1#10.140)