Putin: Konflik di Ukraina Merupakan Ilusi Dunia Barat

Kamis, 05 Juni 2014 - 21:33 WIB
Putin: Konflik di Ukraina...
Putin: Konflik di Ukraina Merupakan Ilusi Dunia Barat
A A A
PARIS - Dalam sebuah wawancara dengan sebuah televisi Prancis, Presiden Rusia, Vladimir Putin menyatakan, apa yang terjadi di Ukraina, entah itu pencaplokan Crimea atau yang lainnya hanyalah khayalan dunia Barat.

“Ini hanyalah khayalan dunia Barat semata, bahwa pasukan Rusia telah mencaplok wilayah Crimea dari Ukraina. Pasukan Rusia tidak akan melakukan hal semacam itu (mencaplok),” ungkap Putin dalam wawancara tersebut, seperti dilansir Voice of Russia, Kamis (5/6/2014).

Namun, dia tidak membantah keterlibatan pasukan Rusia dalam proses referendum yang diadakan Crimea. “Tidak ada yang bisa menahan orang-orang ini (Crimea). Ini adalah hak yang diatur dalam Pasal 1 Piagam PBB, hak bangsa untuk menentukan nasib sendiri,” papar Putin.

Dalam wawancara itu, Putin juga menegaskan, bahwa Rusia mengakui kedaulatan Ukraina. ”Ya, kami mengakui kedaulatannya. Selain itu, kami ingin Ukraina juga bertindak selayaknya negara yang berdaulat,” ungkap Putin.

Ia juga kembali menegaskan, Amerika Serikat (AS) saat ini sedang mengambil langkah agresif demi kepentingan mereka sendiri. “Berbicara tentang kebijakan AS, jelas bahwa Amerika Serikat sedang mengejar kebijakan yang paling agresif dan paling sulit untuk membela kepentingan mereka sendiri,” papar pemimpin Negeri Beruang Merah Tersebut.

Putin hadir di Perancis untuk menghdairi undangan presiden Prancis untuk mengikuti perayaan D-Day atau hari di mana mendaratnya pasukan sekutu di Normadia, Prancis. Dalam acara itu pula, Putin dijadwalkan akan berbicara empat mata dengan Hollande mengenai krisis Ukraina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6932 seconds (0.1#10.140)