AS Peringati 25 Tahun Tragedi Tiananmen, China Protes Keras

Kamis, 05 Juni 2014 - 11:38 WIB
AS Peringati 25 Tahun...
AS Peringati 25 Tahun Tragedi Tiananmen, China Protes Keras
A A A
BEIJING - Pemerintah China melalui saluran diplomatiknya menyampaikan protes keras kepada pemerintah Amerika Serikat (AS). Pemicunya, karena Washington menyampaikan simpati pada peringatan 25 tahun tragedi Tiananmen.

Sampai saat ini, pemerintah China tidak mengakui tragedi Tiananmen yang disebut-sebut menewaskan ratusan hingga ribuan orang pro-demokrasi 25 tahun silam di Lapangan Tiananmen.

Puluhan ribu orang di Hong Kong kemarin menyalakan lilin untuk menandai 25 tahun tragedi Tiananmen. Sedangkan pemerintah China terkesan menutupi tragedi tahun 1989 itu.

Dalam sebuah pernyataan, Gedung Putih menyatakan penghormatannya kepada para korban dalam tragedi itu. Mereka juga menegaskan, akan terus mendukung orang-orang yang menyuarakan hak-hak dasarnya.

Sikap AS itu diprotes keras juru bicara Kementerian Luar Negeri, Hong Lei. ”China sangat tidak puas dan dengan tegas menentang pernyataan AS,” katanya yang dilansir kantor berita Xinhua, semalam.

”Pernyataan AS pada insiden itu menunjukkan, (AS) mengabaikan fakta. Ini tindakan menyalahkan pemerintah China tanpa alasan, dan secara serius telah mencampuri urusan internal China. AS juga melanggar norma dasar hubungan internasional,” imbuh Hong Lei, yang juga dilansir Reuters, Kamis (5/6/2014).

Dalam tragedi Tiananmen, pemerintah China tidak pernah merilis jumlah korban tewas. Tapi, kelompok hak asasi manusia dan para saksi meyakini jumlah korban tewas antara ratusan hingga ribuan orang.

Pihak Amnesty International mengatakan, dua stafnya diserang oleh pejabat China kemarin, karena mencoba untuk meletakkan karangan bunga di tangga kedutaan China di London untuk memperingati 25 tahun tragedi Tiananmen.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8895 seconds (0.1#10.140)