Militer Jepang Cegat Dua Pesawat Tempur Rusia

Rabu, 21 Mei 2014 - 13:57 WIB
Militer Jepang Cegat...
Militer Jepang Cegat Dua Pesawat Tempur Rusia
A A A
TOKYO- Militer Angkatan Udara Jepang mencegat dua pesawat tempur Rusia pada Rabu (21/5/2014). Tindakan itu dilakukan, setelah dua pesawat tempur Rusia melintasi wilayah udara di dekat kawasan pulau di Laut Timur Jepang.

Demikian keterangan Kementerian Pertahanan Jepang. Menurut kementerian itu, dua pesawat tempur anti-kapal selam Tu - 142 terdeteksi terbang di dekat pulau Hokkaido, Jepang utara.

Setelah militer Jepang bertindak, dua pesawat tempur Rusia itu berbalik arah di Selat Tsushima. Kendati demikian, seperti dikutip Itar-Tass, Kementerian Pertahanan Jepang, menyatakan, wilayah udaranya belum dilanggar pesawat tempur Rusia.

Belum jelas, apakah tindakan Rusia itu bagian dari manuvernya terhadap Jepang atau bukan. Rusia sendiri belum mengkonfirmasi soal aksi dua pesawat tempurnya di dekat wilayah Jepang. Kendati demikian, Rusia saat ini sedang berteman erat dengan China, negara yang tengah bersitegang dengan Jepang atas sengketa Laut China Timur.

Pertemanan Rusia dan China ditandai dengan latihan perang yang dimulai kemarin hingga 26 Mei 2014 nanti. Dalam latihan perang itu, Rusia mengerahkan enam kapal perang Rusia dari Armada Pasifik ke perairan Laut China Timur.

Wakil Komandan Kepala Angkatan Laut China, Tian Zhong, mengatakan, latihan perang Rusia dan China ini bukan latihan perang biasa.”Kedua belah pihak akan mencampur semua kapal perang bersama-sama untuk pertama kalinya, dan kapal-kapal itu akan melakukan latihan perang di luar visibilitas untuk pertama kalinya,” ujar Tian Zhong.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)