Netral, RI Dorong Pengawasan Senjata Nuklir Dunia

Senin, 19 Mei 2014 - 16:35 WIB
Netral, RI Dorong Pengawasan Senjata Nuklir Dunia
Netral, RI Dorong Pengawasan Senjata Nuklir Dunia
A A A
JAKARTA- Peran Indonesia di kancah internasional sebagai negara pendobrak kebijakan dunia mulai tampak. Indonesia yang menyatakan netral dalam persaingan Blok Barat dan Blok Timur mendorong pengawasan senjata nuklir dunia.

Hal itu ditegaskan Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty M. Natalegawa, Senin (19/5/2014). Indonesia, yang hari ini menjadi tuan rumah konfrensi pelucutan senjata nuklir, menurut Marty, telah mendorong agar semua negara di kawasan Asia Pasifik aktif dalam pengawasan senjata nuklir dunia.

”Ini (perjanjian pengawasan dan pelucutan senjata nuklir) adalah upaya pemerintah Indonesia untuk mendorong agenda pelucutan dan pengawasan senjata nuklir,” kata Marty.

Dia menegaskan, bahwa Indonesia telah melakukan berbagai tindakan untuk pengawasan itu.”Kita sudah bertindak pada beberapa level perjanjian, baik melalui perjanjian non-blok ataupun melalui perjanjian ini,” imbuh Marty, saat ditemui Sindonews.

Executive Secretary Comprehensive Test Ban Treaty Organization (CTBTO), Lassina Zerbo, mengatakan, pengawasan senjata nuklir yang dimiliki berbagai negara di dunia masih menemui kendala. Selain ada delapan negara yang belum meratifikasi perjanjian pelucutan senjata nuklir, aplikasi untuk pelucutan senjata nuklir itu juga belum dibentuk.

”Kita benar-benar membutuhkan pengesahan dari semua negara agar aplikasi untuk pelucutan dan pengawasan nuklir dapat segera dibentuk dan disahkan,” kata Zerbo.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6605 seconds (0.1#10.140)