Bocorkan rahasia negara, China tahan seorang wartawan

Kamis, 08 Mei 2014 - 18:48 WIB
Bocorkan rahasia negara, China tahan seorang wartawan
Bocorkan rahasia negara, China tahan seorang wartawan
A A A
Sindonews.com – Polisi China pada Kamis (8/5/2014) menyatakan, mereka telah menahan seorang mantan wartawan terkemuka karena membocorkan "rahasia negara ". Tindakan ini juga dianggap sebagai langkah untuk membungkam kritik terhadap Partai Komunis yang berkuasa di China.

“Gao Yu (70) adalah seorang kriminal, dia ditahan karena dicurigai memberikan rahasia negara kepada sumber-sumber di luar China," ungkap Departemen Keamanan publik Beijing dalam sebuah pesan di akun resmi microblog mereka.

Seperti dilansir Channel News Asia, Gao, mantan wakil editor kepala dari majalah Ekonomi Weekly, adalah seorang jurnalis terkenal yang namanya masuk dalam salah satu dari International Press Institute 50 "Pahlawan Dunia Kebebasan Pers" pada tahun 2000.

Tulisan-tulisannya tentang dunia politik telah membuat dia pernah merasakan hidup di belakang jeruji besi di masa lalu. Pada tahun 1993 , ia dijatuhi hukuman enam tahun penjara dengan tuduhan yang sama.

Gao sendiri menyatakan bahwa untuk saat ini dirinya telah benar-benar bersalah. Pernyataan Gao tersebut disiarkan oleh salah satu televisi yang dikelola oleh negara.

"Saya percaya apa yang saya lakukan telah menyentuh pada masalah hukum dan telah membahayakan kepentingan negara. Apa yang saya lakukan adalah kesalahan besar. Aku sungguh-sungguh dan tulus telah belajar dari pengalaman ini dan mengakui kesalahan saya,” ungkap Gao.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4672 seconds (0.1#10.140)