Dubes Rusia: Krisis Ukraina sudah terlalu meluas

Rabu, 07 Mei 2014 - 19:59 WIB
Dubes Rusia: Krisis Ukraina sudah terlalu meluas
Dubes Rusia: Krisis Ukraina sudah terlalu meluas
A A A
Sindonews.com – Rusia menganggap apa yang terjadi di Ukraina sudah sangat jauh dari permasalahan semula. Krisis di Ukraina berawal dari protes terhadap Presiden Ukraina saat itu, Viktor Yanukovich yang memutuskan untuk tidak menjadi anggota Uni Eropa dan lebih memilih menjadi anggota federasi Rusia.

Menurut Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhael Y Galuzin pada Selasa (7/5/2014) saat ditemui Sindonews, krisis di Ukraina saat ini sudah sangat meluas, sudah melebar terlalu jauh.

“Krisis di Ukraina sudah melebar dan berjalan lebih jauh dari sebelumnya. Hal ini disebabkan Pemerintah Ukraina sudah mempromosikan krisis tersebut ke tingkatan lebih tinggi," ungkap Galuzin saat ditemui di kediamannya, di Jakarta.

“Seperti yang kita lihat saat ini, krisis di sana (Ukraina) sudah mulai dipenuhi kekerasan yang dilakukan oleh pasukan pemerintah kepada rakyatnya sendiri,” Galuzin menambahkan.

Dia juga menyatakan, akibat krisis tersebut, kebebasan pers di Ukraina nampaknya sudah mulai menghilang, karena mendapatkan tekanan dari pemerintah.

Krisis yang terjadi di negara tetangga Rusia tersebut semakin membara. Akhir pekan lalu 42 orang tewas akibat kerusuhan yang melibatkan massa pro Kiev dengan massa pro Rusia. Pemerintah Ukraina sendiri semakin mengintensifkan operasi anti teror mereka guna membersihkan separatis pro Rusia di Ukraina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5166 seconds (0.1#10.140)