Rusia: Solusi Ukraina, stop aksi militer & mulai dialog nasional

Rabu, 07 Mei 2014 - 17:08 WIB
Rusia: Solusi Ukraina,...
Rusia: Solusi Ukraina, stop aksi militer & mulai dialog nasional
A A A
Sindonews.com – Pertemuan empat arah di Jenewa yang mengahasilkan perjanjian Jenewa antara Rusia, Ukraina, Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) tampaknya telah gagal untuk meredam kirisis di wilayah Ukraina.

Rusia pun menyarankan opsi lain untuk meredam krisis Ukraina. Opsi disampaikan Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhael Y Galuzin saat ditemui Sindonews, di kediamannya di Jakarta, Rabu (7/5/2014).

“Menurut opini kami, yang paling pertama yang harus dilakukan adalah pemerintah Ukraina saat ini harus menghentikan penggunaan kekuatan militer untuk melawan rakyat mereka. Dan segera menyelenggarakan dialog nasional yang diikuti oleh seluruh wilayah di Ukraina,” ungkap Galuzin.

"Seluruh bagian Ukraina harus diikutsertakan dalam dialog tersebut, baik itu Ukraina timur, selatan dan tenggara. Mereka harus menentukan sendiri langkah-langkah apa saja yang harus diambil untuk menyelesaikan krisis ini,” lanjut dia.

Senada dengan Galuzin, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov menyatakan bahwa hal yang paling utama saat ini adalah bila ingin kembali menyelenggarakan pembicaraan damai, pihak oposisi Ukraina harus dihadirkan. Bila tidak, hasilnya tidak akan mengalami perubahan seperti yang terjadi saaat ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)