UE dan Indonesia pertegas kerjasama pembangunan

Senin, 05 Mei 2014 - 17:21 WIB
UE dan Indonesia pertegas kerjasama pembangunan
UE dan Indonesia pertegas kerjasama pembangunan
A A A
Sindonews.com – Uni Eropa (UE) pada Selasa (5/5/2014) merilis buku laporan perkembangan kerjasama dengan Indonesia selama tahun 2013. Laporan yang disebut dengan buku biru tersebut berisi pencapaian kerjasama kedua pihak selama satu tahun terakhir.

Dalam pidato pembukaanya, Wakil Delegasi UE untuk Indonesia Colin Crooks, menyatakan seiring dengan peluncuran laporan tersebut kedua belah pihak juga berencana untuk mempertegas hubungan kerjasama di bidang pembagunan.

"UE dan ke-28 negara anggotanya sudah lama memiliki tradisi mendorong pembangunan. Bersama-sama kami menjadi donor terbesar di dunia,” papar Crooks dalam pidatonya di Jakarta.

Edisi ke-8 dari laporan tahunan ini juga memaparkan pula contoh-contoh dari kemitraan UE dan Indonesia. Terutama mengenai manfaat langsung bagi masyarakat serta pemberdayaan mereka yang berkontribusi pada pembangunan di Indonesia.

Crooks menyatakan bahwa saat ini posisi Indonesia dan UE sudah sangat berubah dibandingkan 10 tahun lalu. Saat ini, Indonesia dan UE sudah menjadi mitra yang kuat. “Sifat kemitraan yang berubah ini tercermin dalam cara kita bekerja sama untuk mencapai pembangunan,” imbuh Crooks.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5897 seconds (0.1#10.140)