Terkait krisis, UE, AS, Rusia dan Ukraina capai kesepakatan

Jum'at, 18 April 2014 - 15:15 WIB
Terkait krisis, UE, AS, Rusia dan Ukraina capai kesepakatan
Terkait krisis, UE, AS, Rusia dan Ukraina capai kesepakatan
A A A
Sindonews.com – Amerika Serikat (AS), Uni Eropa (UE), Rusia dan Ukraina telah mencapai kesepakatan mengenai langkah-langkah yang harus diterapkan untuk mengurangi krisis yang terjadi di Ukraina.

Namun, seperti dilansir Al Jazeera, Jumat (18/4/2014), Presiden AS Barack Obama memperingatkan, dirinya tidak yakin pihak Moskow akan mengikuti isi kesepakatan tersebut.

Perjanjian yang disepakati pada Kamis (17/4/2014) itu berisikan tentang pemulihan keamanan di Ukraina, pelucutan senjata dan pengosongan gedung yang diduduki oleh para separtis pro Rusia di Ukraina timur.

Dalam kesepakatan itu juga dinyatakan, sanksi ekonomi yang akan dijatuhkan AS kepada Rusia akan dibekukan dan mungkin akan dibatalkan bila Rusia mengikuti isi dari kesepakatan tersebut.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyebut kesepakatan itu merupakan hasil dari kerjsama yang baik. Tetapi Kerry menekankan, kata-kata yang ada di atas kertas harus diikuti dengan tindakan nyata.

Kerry mengatakan, ia telah memperingatkan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Moskow akan segera merasakan beban sanksi baru jika tidak berkomitmen pada perjanjian tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7133 seconds (0.1#10.140)