AS tetap rahasiakan misi bos CIA ke Ukraina

Selasa, 15 April 2014 - 10:13 WIB
AS tetap rahasiakan...
AS tetap rahasiakan misi bos CIA ke Ukraina
A A A
Sindonews.com – Pihak Gedung Putih, Amerika Serikat (AS) mengakui laporan yang menyebut Direktur CIA, John Brennan mengunjungi ibukota Ukraina, Kiev, selama akhir pekan. Bos CIA itu dalam kunjungannya menemuai para pejabat baru Ukraina.

Kendati demikian Gedung Putih tetap merahasiakan misi bos CIA ke Kiev itu. Juru bicara Gedung Putih Jay Carney, membenarkan kunjungan bos CIA ke Kiev.

Konfirmasi Gedung Putih itu untuk merespon tuduhan presiden terguling Ukrina Viktor Yanukovych. Di mana, Yanukovych telah menuduh Brennan memerintahkan tindakan keras terhadap para aktivis pro - Rusia di Ukraina timur.

Menurut Carney, CIA telah menolak tuduhan itu. Tapi, dia tidak bersedia mengungkap misi bos CIA yang sebenarnya ke CIA. ”Kami biasanya tidak mengomentari perjalanan Direktur CIA," katanya."

"Tetapi mengingat keadaan yang luar biasa dalam hal ini dan adanya tuduhan klaim palsu yang dilontarkan oleh Rusia, kita hanya bisa memastikan bahwa Direktur CIA ke Kiev sebagai bagian dari lawatan ke Eropa,” kata Carney, kepada wartawan semalam (14/4/2014) seperti dikutip Rusia Today.

Konfirmasi dari Gedung Putih itu juga merespon desakan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov yang menuntut penjelasan AS atas kunjungan Direktur CIA ke Kiev.

”Kita bisa ingat ketika kekerasan di Maidan (di Independence Square, Kiev) yang berakhir dengan puluhan orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka itu disebut demokrasi. Sementara protes damai yang sedang berlangsung sekarang di Ukraina timur disebut terorisme,” kata Lavrov menyindir standar ganda dari pemerintah AS, terutama CIA.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0088 seconds (0.1#10.140)