Snowden serukan peraturan internasional tentang pengawasan data

Rabu, 09 April 2014 - 13:09 WIB
Snowden serukan peraturan internasional tentang pengawasan data
Snowden serukan peraturan internasional tentang pengawasan data
A A A
Sindonews.com – Buronan intelijen Amerika Serikat (AS) Edward Snowden mengatakan, harus ada kesepakatan internasional tentang pengumpulan data untuk melindungi warga.

Snowden mengatakan hal tersebut di depan Dewan Eropa di Strasbourg melalui sambungan video.

“Harus ada satu peraturan, satu standar umum, yang diperlukan untuk mencegah penyadapan dan pengamatan seperti yang dilakukan AS,” ungkap Snowden, seperti dilansir Chanel News Asia, Rabu (9/4/2014).

"Saya percaya masyarakat internasional harus menyetujui standar umum baru, mungkin Konvensi tentang pengawasan data secara besar-besaran," ungkap Snowden.

"Kita perlu mengembangkan standar internasional untuk melawan penyalahgunaan rutin dan substansial teknologi ini, pelanggaran yang sedang berlangsung saat ini. Ini bukan hanya masalah bagi AS dan Uni Eropa, ini sebenarnya masalah global,” tegas Snowden.

Menurut Snowden, pemantauan semacam itu merupakan ancaman baru yang paling signifikan untuk hak-hak sipil di zaman modern. Dia menyatakan bahwa banyak dari data tersebut digunakan untuk melacak atau memantau warga sipil yang tidak bersalah.

Meskipun diasingkan dari negara asalnya, Snowden mengaku senang telah memulai perdebatan tentang pengawasan data secara online, yang ia percaya masih jauh untuk mencapai reaslisasi aturan baru tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6919 seconds (0.1#10.140)