Dampak gempa Chili, tsunami bisa landa Jepang

Rabu, 02 April 2014 - 19:56 WIB
Dampak gempa Chili, tsunami bisa landa Jepang
Dampak gempa Chili, tsunami bisa landa Jepang
A A A
Sindonews.com – Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyatakan pada Rabu (2/4/2014), bahwa gempa yang menyebabkan tsunami di Chili bisa berdampak hingga ke pantai Jepang.

Seperti dilaporkan kantor berita Xinhua, tsunami kemungkinan akan menghantam Jepang pada Kamis (3/4/2014) dini hari. Menurut JMA, gelombang pertama diprediksi akan mencapai pantai Hokaido, di timur laut Jepang.

JMA dilaporkan akan memberikan informasi terbaru pada Rabu malam, berdasarkan pada data hasil pemantauan di pulau yang terletak di hadapan Samudera Pasifik dan tempat lainnya.

Sebelumnya, gempa bumi besar berkekuatan 8,0 pada skala richter (SR) terjadi di lepas pantai Chili. Survei Geologi AS mengatakan gempa itu sangat dangkal, hanya 10 km di bawah dasar laut. Gempa terjadi pagi ini WIB (2/4/2014).

Lokasinya di wilayah yang berjarak sekitar 99 km sebelah barat laut dari pelabuhan pertambangan Iquique , dekat perbatasan Peru.

Gelombang tsunami lebih dari enam kaki atau dua meter salah satunya terpantau di pantai Pisagua. Sedangkan warga di kota Iquique mengaku melihat gelombang tsunami setinggi 7 kaki atau dua meter lebih.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5609 seconds (0.1#10.140)