Reaktor Fukushima kembali bocor

Kamis, 20 Februari 2014 - 14:52 WIB
Reaktor Fukushima kembali bocor
Reaktor Fukushima kembali bocor
A A A
Sindonews.com – Reaktor nuklir Fukushima kembali mengalami kebocoran. Sekitar 100 ton air radioaktif telah bocor dari tangki penyimpanannya, ungkap operator pabrik, Kamis (20/2/2014).

Kejadian ini terungkap setelah operator baru mengetahui satu dari sembilan termometer yang rusak ternyata masih berfungsi.

“Tidak ada drainanse di sekitar tangki yang bocor. Namun, tangki tersebut jauh dari laut, jadi tidak mungkin air sudah mencapai laut,” ungkap juru bicara Tokyo Electric Power, seperti yang dilansir AFP.

"Kita sekarang dalam proses pemulihan air dan tanah yang telah terkontaminasi," tambah juru bicara itu. Otoritas nuklir Jepang mengatakan, bagaimanapun ada risiko serius terhadap lingkungan di luar pabrik pada saat ini.

Kecelakaan itu terjadi sehari setelah TEPCO mengumumkan, bahwa salah satu dari dua termometer di bagian bawah dari tangki reaktor nomor 2 telah rusak.

Reaktor nuklir di Fukushima mengalami kebocoran setelah terjadi gempa dan tsunami dahsyat yang melanda Jepang pada 2011 silam. Hingga saat ini, reaktor tersebut belum pulih 100% dan masih sering ditemukan adanya alat-alat yang rusak atau tidak berfungsi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6517 seconds (0.1#10.140)