Ini Sultan Malaka gadungan yang hebohkan Malaysia

Kamis, 16 Januari 2014 - 12:03 WIB
Ini Sultan Malaka gadungan...
Ini Sultan Malaka gadungan yang hebohkan Malaysia
A A A
Sindonews.com – Publik Malaysia heboh dengan penangkapan pria yang mengklaim sebagai Sultan Malaka oleh polisi berpakaian preman. Namun, gelar Sultan Malaka yang disandang pria bernama Noor Jan ini, ternyata palsu.

Ketua Menteri Malaka, Datuk Seri Idris Haron, memastikan gelar Sultan Malaka yang disandang Noo Jan itu, palsu. Kepastian itu diperoleh setelah dia mengkonfirmsi pihak International Court of Justice (ICJ).

Noor Jan mengklaim sertifikat gelar sultan itu, dia terima September tahun lalu. ”Klaim Noor Jan, bahwa Sultan Malaka adalah kebohongan,” kata Haron, seperti dikutip The Star, Kamis (16/1/2014).

Sebelumnya Haron menerima surat dari Noor Jan yang diklaim dari ICJ, sebagai pengakuan bahwa dia Sultan Malaka. Pria yang ditangkap polisi berpakaian preman di Dermaga Batu Anjung Serkam, Selasa lalu, kini menjalani pemeriksaan. Dia akan didakwa dengan tuduhan melakukan tindakan hasutan.

Si Sultan Malaka gadungan itu, sejatinya dalah seorang pengusaha berusia 56 tahun. Sebelum ditangkap, dia berencana menemui para pengikut dan pendukungnya untuk menggelar kenduri untuk merayakan kebangkitan Kesultanan Malaka.

Saat ditangkap, ada 60 orang yang bersama Noor Jan. Tapi, tidak satu pun dari mereka ditangkap.

Kendati demikian, Ketua Jabatan Siasatan Jenayah Melaka ACP, Raja Shahrom Raja Abdullah minta agar para pengikut sultan gadungan itu menyerahkan diri ke polisi.

Sebagai pengusaha kaya, pria itu juga hendak menyewa rumah megah di sebuah desa yang disebut-sebut dijadikan “Istana Kuning Seri Melaka" di Bukit Punggur. Dia menyewa rumah itu untuk tiga tahun.”Namun, dia hanya membayar sewa untuk tiga bulan,” kata salah seorang warga setempat, yang menolak disebut namanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)