Penyebaran rudal Rusia timbulkan kekahwatiran

Selasa, 17 Desember 2013 - 22:43 WIB
Penyebaran rudal Rusia timbulkan kekahwatiran
Penyebaran rudal Rusia timbulkan kekahwatiran
A A A
Sindonews.com – Amerika Serikat (AS) telah bergabung tetangga Rusia dalam menyuarakan kekhawatiran soal pengerahan sistem rudal bertenaga nuklir milik Rusia di dekat perbatasan Eropa.

Pengumuman Moskow pada awal pekan ini yang menyatakan, Rusia telah mengerahkan sistem rudal Iskander ke wilayah Kaliningrad selama 12 bulan terakhir, telah menimbulkan kekhawatiran AS, Polandia, Estonia, Lithuania, dan Latvia.

"Kami telah mendesak Rusia untuk tidak mengambil langkah-langkah untuk mengacaukan kawasan itu," kata Wakil Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Marie Harf.

Sementara Kementerian Luar Negeri Polandia menyebut pergerakan rudal yang direncanakan itu mengganggu Polandia. "Ini adalah masalah bagi NATO dan kita dapat berharap kemungkinan konsultasi dan tindakan di tingkat NATO dan Uni Eropa," sebut pernyataan kementerian itu.

Menteri Pertahanan Latvia, Artis Pabriks, mengatakan bahwa "beberapa kota Baltik" terancam oleh pergerakan itu. "Jelas, bahwa itu adalah berita yang mengkhawatirkan, karena merupakan salah satu perubahan keseimbangan kekuatan di wilayah kami,” kata Pabriks.

Sementara Rusia sendiri bersikukuh, penyebaran sistem rudal ini tidak melanggar hukum internasional. Penyebaran sistem rudal Iskander ini dilakukan Rusia sebagai antisipasi atas penyebaran sistem rudal NATO di Eropa.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3002 seconds (0.1#10.140)