China awasi rencana pertahanan Jepang

Rabu, 11 Desember 2013 - 23:50 WIB
China awasi rencana...
China awasi rencana pertahanan Jepang
A A A
Sindonews.com – China mengawasi dengan cermat strategi keamanan dan rencana pertahanan terbaru Jepang. Demikian dinyatakan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei, Rabu (11/12/2013).

Pada Rabu, Jepang merilis rancangan strategi keamanan nasional pertama dan pedoman pertahanan jangka panjang. Rancangan ini akan merespon dengan tenang dan tegas melalui ekspansi yang cepat dari kegiatan maritim dan udara China.

Menurut rancangan itu, Pemerintah Jepang harus meningkatkan pertahanan maritim di barat daya, setelah China mendeklarasikan Zona Pertahanan Udara di Timur Laut China.

“Pertumbuhan normal kapasitas pertahanan nasional China tidak menimbulkan ancaman bagi negara manapun,” tegas Lei, seperti dikutip dari Xinhua. Ia juga kembali menegaskan kebijakan damai China.

"China pendukung penyelesaian sengketa teritorial dan maritim melalui dialog dan negosiasi. Namun, kita tidak akan pernah membiarkan negara manapun untuk melanggar kedaulatan teritorial China," kata Lei.

Dalam kesempatan itu, Lei membantah tuduhan tidak berdasar Jepang. "Jepang telah menyembunyikan agenda politik, dengan melontarkan apa yang disebut dengan ancaman China," lanjutnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)