Pembantu paman pemimpin Korut, cari suaka ke Korsel

Jum'at, 06 Desember 2013 - 21:06 WIB
Pembantu paman pemimpin Korut, cari suaka ke Korsel
Pembantu paman pemimpin Korut, cari suaka ke Korsel
A A A
Sindonews.com - Seorang pembantu Jang Song-thaek, paman Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara (Korut), melarikan diri ke Korea Selatan (Korsel) dan sedang mencari suaka kepada Pemerintah Korsel. Kabar tersebut tersiar jelang penataan ulang pemerintahan Korut Jumat (6/12/2013).

YTN, jaringan berita Korea Selatan (Korsel) mengutip sumber intelijen mengungkapkan, pria yang hingga kini dalam pelarian tersebut diyakini telah mengelola dana Song-thaek, yang hingga pekan ini diyakini masih menjabat sebagai wakil ketua komisi pertahanan nasional Korut. Masih menurut laporan intelepijen, pria tersebut diyakini juga mengetahui tentang dana rahasia yang dikontrol oleh keluarga Kim.

Kabarnya, pria tersebut kini berada di bawah perlindungan Intelijen Korsel di China dan sedang menunggu penerbangan ke Korsel. Pria tersebut melarikan diri dari Korut dua bulan yang lalu setelah mengetahui kabar bahwa Song-thaek dipecat dari jabatannya. Agen mata-mata Korsel dan Kementrian Unifikasi Korsel enggan mengkonfirmasi keberaran tersebut.

Terkait penataan ulang Korut, menurut laporan Yonhap, kantor berita Korsel, kemarin Jang Yong-Chol, duta besar Korut untuk Malaysia telah ditarik kembali ke Korut. Yong-chol beserta istri dan dua anaknya terlihat saat sedang naik pesawat dari China menuju Pyongyang. Yong-chol sendiri merupakan salah satu keponakan Song-thaek.

Badan Intelijen Nasional (NIS) Korses sebelumnya melaporkan kepada Jung Chung-rae, anggota komite intelijen parlemen tentang kemungkinan pemecatan Song-thaek dan eksekusi dua pembantu terdekatnya pada akhir November lalu. Pejabat intelijen Korsel mengatakan, dua rekan Jang Song yang juga dipecat karena tuduhan korupsi telah dieksekusi bulan lalu.

Para analis menyatakan, pemecatan Song-thaek tidak mungkin tanpa andil dari Kim Jong Un sebagai penguasa Korut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5973 seconds (0.1#10.140)