Mandela wafat, ini reaksi para pemimpin dunia

Jum'at, 06 Desember 2013 - 08:59 WIB
Mandela wafat, ini reaksi para pemimpin dunia
Mandela wafat, ini reaksi para pemimpin dunia
A A A
Sindonews.com – Para pemimpin negara di dunia ramai-ramai menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Nelson Mandela, pahlawan anti - apartheid Afrika Selatan. Presiden kulit hitam pertama Afsel itu wafat di usia 95 tahun kemarin.

Berbagai pemimpin dunia, baik dari Afrika, Eropa, Amerika, bahkan kalangan aktris memiliki kenangan tersendiri kepada sosok yang akrab disapa Madiba itu.

Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, mengatakan, negaranya telah kehilangan Bapak Bangsa, sekaligus putra terbaik bangsa. ”Orang-orang kami telah kehilangan ayah. Meskipun kita tahu hari ini akan datang, tidak ada yang bisa mengurangi rasa kita akan kehilangan dengan rasa yang mendalam dan abadi. Tak kenal lelah perjuangan untuk kebebasan membuatnya mendapatkan rasa hormat dari dunia,” kata Zuma, seperti dikutip Reuters, Jumat (6/12/2013).

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, menyebut sosok Mandela sebagai tokoh yang paling berpengaruh. ”Dia mencapai lebih dari yang bisa diharapkan dari siapa pun. Hari ini dia sudah pulang, dan kami sudah kehilangan satu tokoh yang paling berpengaruh, dan berani,” ujarnya.

Perdana Menteri Inggris David Cameron, juga memuji sosok kepahlawanan Mandela. ”Sebuah cahaya besar telah pergi dari dunia. Nelson Mandela adalah seorang pahlawan kita,” kata Cameron.

Aktris Charlize Theron, yang lahir di Afrika Selatan, juga merasak kehilangan. ”Pikiran saya, cinta saya untuk keluarga Mandela. Rest in Peace (RIP) Madiba. Pengaruh Anda pada dunia ini akan hidup selamanya.”

Presiden Brazil, Dilma Rousseff, menganggap Mandela sebagai tokoh terbesar abad XX. “Mandela melakukan dengan semangat dan kecerdasan, dia mengubah paradigma, tidak hanya untuk benua Afrika benua tetapi juga bagi mereka yang memperjuangkan kebebasan, keadilan dan kesetaraan,” ujarnya.

Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, menilai sosok Mandela sejajar dengan Hugo Chavez. ”Sembilan bulan sejak kehilangan pemimpin kami (Hugo Chavez) , raksasa lain dari orang di dunia meninggal hari ini. Madiba Anda akan hidup (di hati kami) selamanya!".
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6946 seconds (0.1#10.140)