Badai amuk Skotlandia, seorang warga tewas

Kamis, 05 Desember 2013 - 20:38 WIB
Badai amuk Skotlandia, seorang warga tewas
Badai amuk Skotlandia, seorang warga tewas
A A A
Sindonews.com - Badai berkekuatan 228 kilometer per jam menghantam Skotlandia, negara yang merupakan bagian dari Britania Raya, Kamis (5/12/2013). Hingga saat ini badai telah menewaskan satu orang dan menyebabkan pembatalan jadwal kereta api dan penerbangan.

Badan peramal cuaca Skotlandia telah mengeluarkan peringatan bahwa badai tersebut dapat memicu peningkatan gelombang pasang di sepanjang wilayah timur pantai Inggris dalam beberapa hari mendatang. Menurut laporan badan meteorrologi Inggris, saat ini badai tersebut bergerak dengan kekuatan 228 kilometer per jam di pengunungan Inverness - shire , Skotlandia, sementara kekuatan angin di wilayah sekitarnya mencapai 60-80 kilometer per jam.

Menyikap kedatangan badai tersebut, Pemerintah Inggris dikabarkan telah membentuk sebuah komite darurat untuk mendiskusikan respon terhadap badai.

Aparat kepolisian Skotlandia telah menasehati para warga untuk tidak melakukan perjalanan selama badai berlangsung. Polisi Skotlandia mengatakan, tercatat, sudah satu orang sopir truk tewas, setelah kendaraan yang dia kemudikan terguling dan menimpa sejumlah mobil di utara Lothian, sebuah wilayah di dekat Edinburgh. Di wilayah berbeda dua orang warga dilaporkan mengalami luka-luka setelah tertimpa pohon yang tumbang.

Hingga berita ini diturunkan, badai telah menyebabkan terputusnya pasokan listrik terhadap 20 ribu rumah di wilayah selatan dan tengah Skotlandia. Badai juga menyebabkan pembatalan jadwal keberangkatan kereta api dan sejumlah penerbangan dari bandara di Glasgow, Edinburgh dan Aberdeen.

"Semua layanan kereta api di Skotlandia dibatalkan karena banyak puing-puing berserakan di rel dan sejumlah kerusakan. Selain itu kuatnya gerakan angin juga menghalangi jarak pandang," ungkap Nick King, Juru Bicara Operator Jaringan Kereta Api Skotlandia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3254 seconds (0.1#10.140)