Korsel: Korut sedang lakukan penataan ulang pemerintahanan

Rabu, 04 Desember 2013 - 20:17 WIB
Korsel: Korut sedang lakukan penataan ulang pemerintahanan
Korsel: Korut sedang lakukan penataan ulang pemerintahanan
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertahanan Korea Selatan (Korsel) Kim Kwan-jin mengatakan, Korea Utara (Korut) tengah melakukan penataan ulang dalam struktur Pemerintahan, Rabu (4/12/2013).

"Dua tahun setelah Kim Jong-un mengambil alih kekuasaan, kini Korut tengan melakukan penataan ulang struktur kekuasaan," ungkap Kwan-jin dalam pertemuan dua tahunan dengan para komandan militer Korsel, seperti dilansir Xinhua.

"Saat ini Pyongyang tengah memperkuat kemampuan militernya diseluruh bangsa, oleh karena itu seluruh komandan harus bersikap waspada terhadap kemungkinan provokasi dari Korut," imbuh Kwan-jin.

Ungkapan Kwan-jin, muncul sehari setelah Badan Intelijen Nasional (NIS) Korses melaporkan kepada Jung Chung-rae , anggota komite intelijen parlemen tentang kemungkinan pengusiran Jang Song-taek, paman dari pemimpin Korut dan wakil ketua komisi pertahanan nasional Korut.

Masih mengutip laporan NIS, Chung-rae mengatakan, bahwa dua pembantu tedekat Jang telah dieksekusi pada akhir November lalu, kemungkinan besar Song-taek, sendiri telah disingkirkan pasalnya sejak eksekusi berlangsung sosoknya belum pernah terlihat.

Menanggapi laporan NIS, Juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel, Park Soo-jin dalam konferensi pers hari ini mengatakan, itu adalah sebuah kemungkinan yang terburuk bagi Song-taek. Soo-jin mencatat, hingga kini belum ada laporan dari media resmi Korut tentang hal tersebut, namun, Korsel tetap perlu untuk memonitor perkembangan yang terjadi di Korut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6604 seconds (0.1#10.140)