Buntut runtuhnya atap mal, PM Latvia mundur

Kamis, 28 November 2013 - 04:03 WIB
Buntut runtuhnya atap mal, PM Latvia mundur
Buntut runtuhnya atap mal, PM Latvia mundur
A A A
Sindonews.com – Perdana Menteri Latvia, Valdis Dombrovskis, memutuskan untuk mengundurkan diri pada Rabu (27/11/2013). Putusan mengejutkan ini diambil Dombrovskis, beberapa hari setelah bencana runtuhnya atap sebuah mal di negara itu yang menewaskan 54 orang.

"Mengingat tragedi dan semua keadaan terkait, diperlukan pemerintahan baru yang memiliki dukungan yang jelas dari parlemen," kata Dombrovskis sambil berusaha menahan air mata. "Oleh karena itu, saya telah mengajukan pengunduran diri saya dari jabatan Perdana Menteri," lanjutnya, seperti dikutip dari AFP.

Dombrovskis menyampaikan pengunduran dirinya, setelah melakukan pertemuan dengan Presiden Latvia, Andris Berzins. Keputusan ini juga diambil hanya satu bulan jelang masuknya Latvia ke zona Eropa pada 1 Januari 2014 mendatang.

"Saya sudah memberikan banyak pemikiran untuk konsekuensi politik dan moral dari apa yang terjadi," kata Dombrovskis, mengacu pada bencana. Ia menambahkan, bahwa dirinya akan tetap duduk di kursi Perdana Menteri, sampai pemerintahan baru terbentuk .

Dombrovskis sedikit menjelaskan soal masa depan karir politiknya. "Saya mungkin akan melanjutkan tugas saya sebagai anggota parlemen, tetapi hal itu membutuhkan lebih banyak pemikiran," tambah Dombrovskis, tanpa menjelaskan lebih lanjut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6193 seconds (0.1#10.140)