Vietnam & Sri Lanka perkuat hubungan bilateral

Selasa, 26 November 2013 - 23:28 WIB
Vietnam & Sri Lanka...
Vietnam & Sri Lanka perkuat hubungan bilateral
A A A
Sindonews.com – Sri Lanka dan Vietnam telah sepakat untuk lebih memperkuat hubungan bilateral. Hal ini ditegaskan selama kunjungan Wakil Perdana Menteri Vietnam dan Menteri Luar Negeri Pham Binh Minh yang bertemu dengan Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapaksa dan pejabat Sri Lanka lainnya, Selasa (26/11/2013).

"Sri Lanka dan Vietnam selalu berdiri bertentangan dengan imperialisme dan bertindak dalam solidaritas satu sama lain dalam perjuangan melawan imperialisme, untuk perdamaian dan kemajuan sosial," kata Rajapaksa, seperti dikutip dari Xinhua.

Dalam kesempatan itu, Rajapaksa juga meresmikan berdirinya patung mantan pemimpin Vietnam, Ho Chi Minh di perpustakaan publik di Kolombo. Rajapaksa mengatakan, bahwa mendiang pemimpin Vietnam itu berperang melawan kekuasaan kolonial dan berjasa membawa kemerdekaan dan kebebasan ke Vietnam.

Rajapaksa mengatakan, bahwa Ho Chi Minh sempat mengunjungi Sri Lanka sebanyak tiga kali. Kunjungan pertama dilakukan pada 1911. Menurutnya, patung itu adalah bentuk penghormatan yang pantas untuk seorang pemimpin yang telah berjuang untuk kemerdekaan negaranya.

Dalam upacara tersebut, Minh menyampaikan rasa terima kasih kepada Rajapaksa dan orang-orang Sri Lanka untuk pembuatan patung yang menghormati pendiri bangsa Vietnam. “Patung itu melambangkan persahabatan antara kedua negara yang telah membentang lebih dari 1.000 tahun," tegasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)