Korsel sesalkan zona pertahanan baru China

Senin, 25 November 2013 - 20:37 WIB
Korsel sesalkan zona pertahanan baru China
Korsel sesalkan zona pertahanan baru China
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) pada Senin (25/11/2013), menyatakan penyesalan atas sikap China yang mengaku tengah menyiapkan zona pertahanan udara baru di Laut China Timur. Korsel mengaku akan mengangkat isu ini pada pembicaraan tingkat tinggi dengan Beijing.

Sebelumnya, pada akhir pekan lalu, China mengumumkan, bahwa mereka sedang menyiapkan zona pertahanan udara baru di Laut China Timur, di atas kepulauan yang disengketakan oleh China, Jepang, dan Korsel.

Seoul menyebut langkah itu sebagai tindakan yang "disesalkan", karena meliputi zona perairan yang dikenal dengan nama Leodo. Selama ini, Leodo telah lama menjadi sumber ketegangan diplomatik antara Seoul dengan Beijing.

"Saya ingin mengatakan sekali lagi, bahwa kita memiliki kontrol teritorial yang berubah atas Ieodo," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Kim Min-Seok kepada wartawan, Senin (25/11/2013), seperti dikutip dari AFP.

Min-Seok mengatakan, kedua pihak akan melakukan "diskusi mendalam" tentang hal itu selama jadwal pembicaraan antara Wakil Menteri Pertahanan kedua negara di Seoul pada Kamis, (28/11/2013).

Dalam upaya untuk memperkuat klaimnya atas Leodo, Korsel telah membangun stasiun penelitian maritim pada 2003 silam, meskipun ada penentangan kuat dari China.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6120 seconds (0.1#10.140)
pixels