Klaim udara di Laut China Timur, China tebar ancaman

Sabtu, 23 November 2013 - 17:10 WIB
Klaim udara di Laut China Timur, China tebar ancaman
Klaim udara di Laut China Timur, China tebar ancaman
A A A
Sindonews.com - Pemerintah China pada Sabtu (23/11/2013) mengklaim blok wilayah udara di atas pulau-pulau di kawasan Laut China Timur yang jadi sengeketa dengan Jepang.

Klaim itu disertai ancaman tindakan darurat defensif terhdap pesawat yang terbang di atasnya, yang tidak sesuai aturan baru mereka.

Kantor berita Xinhua menerbitkan peta dan koordinat blok udara yang diklaim China itu. Selain peta, aturan baru dari Departemen Pertahanan untuk pesawat yang terbang di kawaan itu juga dilansir.

Seperti diketahui, China dan Jepang bersengketa atas pulau-pulau di kawasan Laut China Timur selama berbulan-bulan. China mengklaim pulau-pulau itu dengan nama Diaoyu. Sedangkan Jepang mengklaimnya dengan nama Senkaku.

Kapal patroli dari kedua negara terus membayangi satu sama lain di dekat pulau-pulau yang disengketakan. Ketegangan kedua negara itu dikhawatirkan memicu konfrontasi.

Kementerian Luar Negeri Jepang belum berkomentar soal klaim China atas blok udara di Laut China Timur tersebut.

Aturan terbaru China atas klaim itu, berisi pesawat yang melintas di kawasan udara Laut China Timur harus melaporkan rencana penerbangannya kepada Kementerian Luar Negeri China atau administrasi penerbangan sipil. Kemudian, juga harus mempertahankan kontak radio dan membalas secepatnya setiap pertanyaan identifikasi.

Selain itu, pesawat yang melintas juga harus menjaga transponder radar untuk tetap aktif dan menunjukkan tanda kebangsaan yang jelas.

”Angkatan bersenjata China akan mengadopsi langkah-langkah darurat defensif untuk merespon pesawat yang tidak bekerjasama dalam identifikasi atau menolak untuk mengikuti instruksi,” bunyi pernyataan kementerian itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5193 seconds (0.1#10.140)