Militan Pakistan culik 11 guru saat kampanye vaksinasi polio

Sabtu, 23 November 2013 - 15:07 WIB
Militan Pakistan culik 11 guru saat kampanye vaksinasi polio
Militan Pakistan culik 11 guru saat kampanye vaksinasi polio
A A A
Sindonews.com – Para militan telah menculik 11 guru di Pakistan yang terlibat dalam kampanye vaksinasi polio untuk anak-anak sekolah pada Sabtu (23/11/2013).

Para guru diculik dari sekolah swasta milik lembaga suku Khyber di daerah Bara. Wilayah itu merupakan wilayah semi otonom yang dekat dengan perbatasan Afghanistan. Para militan bersenjata tiba, sesaat setelah tim administrasi vaksinasi polio meninggalkan sekolah itu.

Reuters melaporkan, seorang pejabat setempat, Khyali Gul, menyebut orang-orang bersenjata menculik para guru untuk dibawa ke daerah yang dikontrol pimpinan militan Taliban, Mangal Bagh.

”Mangal Bagh dan anak buahnya yang menentang vaksinasi polio untuk anak-anak, tidak memungkinkan tim untuk mengimunisasi anak-anak mereka di daerah itu,” kata Gul.

Pejabat lain yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan, para guru yang diculik itu dibawa ke suatu daerah, di mana pasuka keamanan tidak bisa masuk karena daerah dikuasai para militan. Pejabat itu berharap para guru dibebaskan setelah ada upaya negosiasi dengan tokoh masyarakat setempat.

Para militan sering menyerang pekerja vaksinasi polio di Pakistan. Mereka menuduh para pekerja itu sebagai mata-mata negara Barat atau bagian dari rencana untuk mensterilkan Muslim. Salah seorang pemimpin militan, menyatakan, vaksinasi bisa dilakukan di daerah yang mereka kuasai, jika serangan pesawat nirawak Amerika Serikat dihentikan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5013 seconds (0.1#10.140)