Bantu operasi bantuan di Filipina, AS sebarkan 1.000 Marinir

Jum'at, 15 November 2013 - 16:35 WIB
Bantu operasi bantuan di Filipina, AS sebarkan 1.000 Marinir
Bantu operasi bantuan di Filipina, AS sebarkan 1.000 Marinir
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah mengerahkan 1.000 marinir untuk mendukung operasi bantuan darurat di Filipina pasca dilanda super topan Haiyan, Kamis (15/11/2013). Demikian diungkapkan Angkatan Laut (AL) AS dalam sebuah pernyataan.

"Sekitar 900 tentara AL AS diangkut dua kapal amfibi, yakni USS Germantown dan USS Ashland. Mereka akan berada di Filipina selama enam hari," ungkap isi pernyataan AL AS.

"100 orang marinir lainnya dari unit yang sama akan tiba dengan menggunakan pesawat," lanjut isi pernyataan tersebut. Setibanya di FIlipina, para marinir akan membantu pembersihan jalan dan distribusi barang bantuan kebutuan korban bencana topan. Distribusi akan dilakukan dengan mengunakan kapal dan pesawat udara, kendaraan amfibi penyerangan dan perahu kecil.

Selain membawa ratusan marinir, kapal tersebut juga membawa sejumlah mesin alat berat, truk pembuangan, kendaraan serbu yang dapat beroperasi di darat dan air, generator dan tangki air portabel. Dalam beberapa hari mendatang, AS juga akan mengirimkan delapan pesawat MV 22 Osprey, dua kali lipat jumlah Osprey yang tersedia di lapangan.

Pengguman tersebut datang setelah Pemerintah AS memutuskan untuk mengirim 5.000 pelaut di dalam kapal induk bertenaga nuklir, USS George Washington yang berbasis di Yokosuka, dekat Tokyo, Jepang untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi para korban topan Haiyan di Filipina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4387 seconds (0.1#10.140)