Senat Thailand tolak RUU Amnesti kontroversial

Selasa, 12 November 2013 - 15:25 WIB
Senat Thailand tolak...
Senat Thailand tolak RUU Amnesti kontroversial
A A A
Sindonews.com - Senat Thailand menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Amnesti yang didukung pemerintah. RUU itu memicu protes massal di Bangkok, karena RUU itu dicurigai sebagai alat untuk megampuni bekas Perdana Menteri Thaksin Shinawatra yang hidup di pengasingan.

Larut malam tadi, 141 senator sepakat untuk mengembalikan RUU itu. Mereka juga curiga, RUU itu menjadi alat partai penguasa yang pro-Thaksin untuk memulangkan bekas PM Thailand itu. RUU itu memungkinkan pemerintah untuk memberikan ampunan bagi tahanan politik.

Thaksin yang hidup dalam pengasingan sejak 2008, masih dipuja oleh sebagian besar warga miskin dan warga pedesaan. Mereka dikenal sebagai loyalis Thaksin. Sedangkan RUU itu dinilai bermotif politik, di mana Perana Menteri Yinglcuk Shinawatra, yang mendukung RUU itu, tidak lain adalah adik Thaksin.

”Senat telah memilih dan sepenuhnya menolak RUU ini,” kata Pemimpin Senat, Surachai Liengboonlertchai, seperti dikutip Reuters, Selasa (12/11/2013). RUU itu memicu demonstrasi besar di Thailand, yang didominasi massa pro-nasionalis yang mendukung penggulingan Thaksin tahun 2006 silam.

Dengan ekspresi emosi yang dingin, PM Yingluck Shinawatra, menyampaikan pidato pekan lalu di stasiun televisi soal penolakan RUU itu oleh massa. Yingluck mengatakan, bahwa ia akan menarik draf RUU itu jika ditolak senat. Tapi lawan politiknya minta Yingluck tidak hanya menarik draf RUU tapi menghapus total RUU itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)