Presiden Filipina: Saya bukan pencuri

Rabu, 30 Oktober 2013 - 23:37 WIB
Presiden Filipina: Saya bukan pencuri
Presiden Filipina: Saya bukan pencuri
A A A
Sindonews.com – Presiden Filipina Benigno Aquino menyatakan secara terbuka di stasiun televisi nasional, Rabu (30/10/2013), bahwa ia "bukan pencuri". Pernyataan ini dilontarkan dalam upaya untuk mencegah skandal korupsi yang berkembang, yang mengancam akan menggagalkan agenda politiknya.

Dalam sebuah pernyataan yang langka, Aquino membela ratusan juta dolar yang dikeluarkan Pemerintah Filipina berada di bawah pengawasan. Ia juga mengecam kubu oposisi dan menyebut mereka sengaja menabur kontroversi untuk mengalihkan perhatian dari skandal korupsi di pihak oposisi.

"Masalah di sini adalah pencurian. Aku tidak mencuri. Mereka yang telah menuduh mencuri adalah mereka yang menabur kebingungan," kata Aquino. "Saya tidak pernah mencuri. Aku bukan pencuri. Akulah yang akan menangkap pencuri," tambahnya, seperti dikutip dari AFP.

Baru-baru ini, tokoh dan kritikus oposisi menyerang Aquino karena dia menggunakan dua dana kontroversial, yakni Program Alokasi Pencairan (DAP) dan Dana Sosial Presiden. Oposisi menuduh Aquino menggunakan dana itu untuk membeli dukungan dari legislator.

Tapi, Aquino membantah hal tersebut dan menyebut bahwa oposisi menciptakan kontroversi setelah mereka gagal untuk menjawab pertanyaan tentang dugaan penyalahgunaan dana di pihak mereka sendiri, yang disebut dana "Pork Barrel".
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0168 seconds (0.1#10.140)