Snowden masih simpan banyak rahasia AS

Kamis, 17 Oktober 2013 - 11:28 WIB
Snowden masih simpan...
Snowden masih simpan banyak rahasia AS
A A A
Sindonews.com –Whistleblower Badan Keamanan Nasional (NSA), Amerika Serikat, Edward Snowden masih menyimpan banyak rahasia yang siap untuk dibocorkan. Demikian disampaikan ayah Snowden, Lon Snowden yang baru saja mengunjunginya di Rusia.

Lon Snowden menyampaikan hal itu,saat tiba di Bandara Internasional John F. Kennedy, New York, Rabu (16/10/2013) waktu AS. Dia mengunjungi Snowden selama seminggu di Moskow.

Ditanya pesan apa yang dia katakana kepada anaknya selama kunjungan, Lon Snowden, berujar; ”Tetap tinggal (di Rusia), tapi saran saya itu tidak selalu harus dilakukan anak saya. Dia nyaman . Dia bahagia. Dan dia benar-benar berkomitmen untuk apa yang telah ia lakukan,” ujarnya, seperti dikutip Reuters, Kamis (17/10/2013).

”Ada banyak lagi (Rahasia) untuk dibagikan,” lanjut Lon Snowden. Menurutnya, tinggal di Rusia, memungkinkan anaknya itu untuk melanjutkan apa yang sudah dia lakukan sebelumnya.

Bekas kontraktor NSA berusia 30 tahun itu, diburu aparat AS setelah dia membocorkan penyadapan telepon dan internet dalam skala besar yang dilakukan NSA. Akibat bocoran Snowden itu, Jerman dan Brazil, dua di anatara banyak negara yang disadap NSA marah kepada AS.

Para pendukung Snowden, menyebutnya sebagai pahlawan hak asasi manusia. Namun, kritikus pro-Pemerintah AS,mencela Snowden dengan menganggapnya sebagai pengkhianat. ”Dia bukan buronan. Dia penerima suaka hukum Federasi Rusia, dan wartawan perlu untuk mendapatkan hak seperti itu,” imbuh Lon Snowden.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)