Tim ahli IAEA kunjungi PLTN Fukushima

Selasa, 15 Oktober 2013 - 02:27 WIB
Tim ahli IAEA kunjungi PLTN Fukushima
Tim ahli IAEA kunjungi PLTN Fukushima
A A A
Sindonews.com – Para ahli dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA) bertemu dengan para pejabat Jepang pada Senin (14/10/2013), sebagai bagian dari misi untuk menilai upaya pembersihan di PLTN Fukushima yang lumpuh. IAEA memulai misi sembilan hari ini atas permintaan Pemerintah Jepang.

Operator PLTN Fukushima yang selama ini telah berupaya membendung kontaminasi radioaktif, mengakui pada Juli lalu, bahwa air sangat beracun akibat kebocoran PLTN Fukushima kemungkinan telah bocor ke laut.

"Masyarakat internasional dan khususnya IAEA sangat tertarik dalam mengikuti kegiatan pemulihan di Jepang," kata Juan Carlos Lentijo, Direktur siklus bahan bakar nuklir IAEA dan divisi teknologi limbah, seperti dikutip dari AFP.

Lentijo akan memimpin sebuah tim yang beranggotakan 16 ahli untuk melakukan pengamatan di daerah yang tercemar dekat Fukushima, sekitar 220 kilometer timur laut Tokyo. Lentijo mengaku, timnya diharapkan bisa memberikan saran tentang cara membersihkan dan menangani limbah radioaktif.

"Kami memiliki harapan besar, bahwa Anda akan memberikan kami nasihat yang signifikan dari sudut pandang internasional dan professional," kata Wakil Menteri Lingkungan Jepang, Shinji Inoue kepada para pejabat IAEA.

Sebuah gempa besar dan tsunami pada Maret 2011 menghancurkan pantai timur laut Jepang dan memicu kebocoran reaktor di PLTN Fukushima. Bencana ini merobohkan sistem pendinginan. Puluhan ribu orang yang dievakuasi dari wilayah Fukushima, hingga kini masih tidak dapat kembali ke rumah mereka. Para ilmuwan memperingatkan, beberapa daerah dekat PLTN harus ditinggalkan selamanya karena kontaminasi radioaktif.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3764 seconds (0.1#10.140)