7 anggota Komite Palang Merah diculik di Suriah

Senin, 14 Oktober 2013 - 07:58 WIB
7 anggota Komite Palang Merah diculik di Suriah
7 anggota Komite Palang Merah diculik di Suriah
A A A
Sindonews.com - Sejumlah pria bersenjata menculik tujuh orang pekerja dari Komite Palang Merah Internasional (ICRC). Ke-7 orang itu terdiri dari enam anggota Palang Merah Internasional dan seorang anggota Bulan Sabit Merah Suriah.

Demikian disampaikan juru bicara (ICRC), Ewan Watson, semalam (13/10/2013). ”Enam anggota staf ICRC dan salah satu anggota Bulan Sabit Merah Suriah telah diculik di Idlib, di barat laut Suriah,” kata Watson. ”Kami tidak tahu siapa yang membawa mereka. Itu orang bersenjata tak dikenal.”

Magne Barth, kepala delegasi ICRC di Suriah, mengutip laporan Reuters, Senin (14/10/2013) telah menyerukan pembebasan segera para anggota ICRC yang diculik.

”Baik ICRC dan pekerja Bulan Sabit Merah Suriah telah tanpa lelah untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang paling membutuhkan di seluruh Suriah. Insiden seperti ini berpotensi melemahkan kemampuan kita untuk membantu mereka yang paling membutuhkan,” ujar Barth.

Tim telah melakukan perjalanan ke Idlib pada 10 Oktober 2013 untuk memantau kondisi medis rakyat Suriah. Selain ke Idib, mereka juga mendatangi Kota Sarmin. Setiap konvoi di Damaskus, mereka menggunakan identitas jelas, yakni lambang ICRC.

Kasus penculikan telah meningkat di Suriah. Selain para pekerja kemanusiaan, wartawan juga menjadi sasaran penculikan di negara itu.

Bulan lalu seorang pekerja bantuan kemanusiaan asal Jerman ditahan selama hampir empat bulan di Idib, sebelum akhirnya berhasil melarikan diri. Mereka yang diculik, rata-rata saat berada di wilayah yang dikuasai pemberontak yang ingin menggulingkan pemerintah Presiden Bashar al-Assad.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5435 seconds (0.1#10.140)