Dua serangan bom mobil tewaskan 11 warga Irak

Minggu, 06 Oktober 2013 - 20:34 WIB
Dua serangan bom mobil...
Dua serangan bom mobil tewaskan 11 warga Irak
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 11 orang dilaporkan tewas dalam dua serangan bom mobil di dekat skantor polisi dan sekolah di Desa Qabat, Provinsi Niniwe, wilayah Irak utara, Minggu (6/10/2013).

"Berdasarkan laporan 11 orang tewas, terrmasuk seorang kepala sekolah dan seorang aparat kepolisian. Sementara itu, lebih dari 60 orang yang sebagian besar adalah anak-anak sekolah menderita luka-luka akibat dua ledakan bom bunuh diri di Desa Qabat," ungkap pejabat lokal di Tal Afar, Abdul- Aal al-Abbasi kepada Xinhua.

Abbasi mengungkapkaan, ledakan pertama melanda sebuah sekolah dasar (SD) di Desa Qabat yang mayoritas penduduknya adalah pengikut Syiah. Seorang pengendara mobil yang sarat akan muatan bahan peledak menabrakan mobil yang ia kemudikan ke gedung SD.

Tidak hanya memakan korban, ledakan itu juga menghancurkan sebagian bangunan SD. Dalam waktu yang berdekatan, serangan bom kedua melanda kantor polisi di wilayah yang sama.

"Sejumlah pasukan keamanan segera tiba di lokasi kejadian, menyelamatkan puluhan orang yang terperangkap di bawah reruntuhan bangunan gedung yang hancur," terang Abbasi.

"Sejumlah ambulan dan kendaraan warga sipil sibuk menggangkut korban tewas dan luka-luka ke pusat kesehatan di sekitar Kota Tal Afar," imbuh Abbasi.

Irak mengalami aksi kekerasan terburuk dalam beberapa tahun terakhir, yang menimbulkan kekhawatiran bahwa negara itu akan kembali meluncur ke dalam konflik sektarian, seperti yang pernah terjadi pada 2007 silam. Kala itu, korban tewas per bulan bisa menyentuh angka 3.000 jiwa.

Misi Bantuan PBB untuk Irak mengatakan, pada awal bulan ini hampir 6.000 warga sipil tewas dan 14 ribu lainnya terluka dalam aksi kekerasan di Irak, sejak Januari hingga September tahun ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0662 seconds (0.1#10.140)