India & Pakistan sepakat untuk kurangi ketegangan di Kashmir

Senin, 30 September 2013 - 23:03 WIB
India & Pakistan sepakat untuk kurangi ketegangan di Kashmir
India & Pakistan sepakat untuk kurangi ketegangan di Kashmir
A A A
Sindonews.com – Pemimpin India dan Pakistan berjanji untuk mengembalikan ketenangan di perbatasan wilayah Kashmir yang disengketakan oleh kedua negara. Hal ini terungkap dalam pertemuan PM Pakistan Nawaz Sharif dan PM India Manmohan Singh di sela-sela pertemuan puncak PBB di New York, Amerika Serikat.

Seorang pejabat India mengatakan, bahwa kedua pemimpin bertemu selama lebih dari satu jam di sebuah hotel di New York. Keduanya memutuskan untuk mendelegasikan tugas pada perwira senior militer untuk "menemukan cara yang efektif untuk mengembalikan gencatan senjata " di Kashmir.

"Keduanya sepakat, bahwa prasyarat untuk gerakan maju dalam hubungan yang diinginkan kedua negara, benar-benar sebuah perbaikan situasi di LoC," kata Penasehat Keamanan Nasional India, Shivshankar Menon, pada wartawan, Minggu (29/9/2013), seperti dikutip dari Xihua.

Pernyataan ini mengacu pada Garis Kontrol (Loc) di wilayah Himalaya yang membagi kedua negara. Pada awal tahun ini, tentara Pakistan dan India terlibat bentrok di beberapa titik di wilayah Kashmir. Ini adalah bentrokan terburuk militer kedua negara dalam satu dekade terakhir.

Tiga hari sebelum kedua PM melakukan pembicaraan New York, kaum militan menyerang sebuah pangkalan militer di sisi India yang menewaskan 10 orang. India menuduh Pakistan mensponsori militan, meski aksi kekerasan telah turun tajam sejak kedua negara memasuki gencatan senjata pada 2003 silam.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6324 seconds (0.1#10.140)