China kirim ahli ke tim inspeksi senjata kimia Suriah

Senin, 30 September 2013 - 22:37 WIB
China kirim ahli ke...
China kirim ahli ke tim inspeksi senjata kimia Suriah
A A A
Sindonews.com – Pemerintah China telah memutuskan untuk mengirim para ahli mereka untuk bergabung dalam tim inspeksi dan penghancuran senjata kimia di Suriah. Demikian disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei, Senin (30/9/2013).

"China akan memberikan bantuan keuangan dalam hal ini," kata Hong, seperti dikutip dari Xinhua. Pernyataan ini dilontarkan Hong, ketika ditanya tentang peran China dalam memfasilitasi solusi politik soal masalah Suriah.

“Selama ini, China telah secara aktif terlibat dalam konsultasi dengan Dewan Keamanan PBB dan Dewan Eksekutif Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) guna memfasilitasi penerapan keputusan dan resolusi DK PBB yang berkaitan dengan Suriah,” jelas Hong.

Dalam kesempatan ini, Hong juga menegaskan komitmen China untuk tujuan, prinsip-prinsip, dan aturan dasar hubungan internasional yang ditetapkan dalam Piagam PBB dan oposisi terhadap ancaman atau penggunaan kekerasan.

"China mendukung investigasi tim penyelidikan PBB untuk senjata kimia Suriah secara obyektif, adil, dan profesional yang independen," katanya. Menurut Hong, Cina juga menghimbau negara-negara di kawasan dan masyarakat internasional untuk memainkan peran aktif dan konstruktif untuk memfasilitasi solusi politik untuk masalah di Suriah.

"Kami menyambut baik dan mendukung konferensi Jenewa II untuk masalah Suriah, yang akan diselenggarakan secepat mungkin dan berharap untuk hasil positif dari pertemuan itu," katanya kepada wartawan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6882 seconds (0.1#10.140)