Terkait teroris di mal Nairobi, Interpol buru janda putih

Jum'at, 27 September 2013 - 10:13 WIB
Terkait teroris di mal Nairobi, Interpol buru janda putih
Terkait teroris di mal Nairobi, Interpol buru janda putih
A A A
Sindonews.com – Badan Polisi Internasional (Interpol) menerbitkan surat perintah penangkapan terhadap wanita Inggris Samantha Lewthwaite atau yang dijuluki si “janda putih”. Samantha diburu Interpol, karena diduga terlibat dalam pembantaian puluhan orang oleh teroris al-Shabab di mal Westage, Nairobi, Kenya.

Data terkini dari aksi teror berdarah di mal yang mayoritas usahanya milik Israel itu, tercatat sebanyak 71 orang tewas. Sebelumnya, kelompok al-Shabab yang berbasis di Somalia itu, mengklaim telah membantai 137 orang, yang sebagian besar tertimbun reruntuhan bangunan mal.

Surat perintah penangkapan untuk si “janda putih” berusia 29 tahun itu, seperti dikutip al-Jazeera, diterbitkan, kemarin (26/9/2013). Samantha Lewthwaite, adalah seorang mualaf asal Inggris. Dia merupakan janda dari Jermaine Lindsay, salah satu pelaku bom bunuh diri dalam serangan tahun 2005 terhadap kereta api dan bus di London yang menewaskan 52 penumpang.

Setelah kematian suaminya, janda empat anak itu memutuskan hubungan keluarganya di Inggris dan hijrah ke Afrika. Di Afrika, dia diduga bergabung dengan kelompok militan. Oleh Pemerintah Kenya, dia dituduh memiliki bahan peledak dan bersekongkol dalam tindak pidana.

Dalam surat perintah penangkapan yang diterbitkan Interpol, semua negara yang mengetahui keberadaan si “janda putih” diwajibkan untuk menangkapnya.

Kemarin, orang-orang bersenjata juga menyerbu sebuah kantor polisi di Kenya. Dua polisi tewas.Al-Shabab lagi-lagi mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Selain menewaskan dua polisi, tiga orang terluka dan 10 kendaraan dibakar.

Pemimpin kelompok itu, Ahmed Godane Syaikh Mukhtar Abu Zubair, memperingatkan masyarakat Kenya, bahwa tidak ada cara bagi mereka untuk menghindar; ”(dari) perang atau gesekan di dalam negeri sendiri,” kata Zubair, dalam pernyataan yang diposting di internet.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3516 seconds (0.1#10.140)