Marty: Hubungan RI & Australia masuk tahap multilateral

Kamis, 26 September 2013 - 17:27 WIB
Marty: Hubungan RI & Australia masuk tahap multilateral
Marty: Hubungan RI & Australia masuk tahap multilateral
A A A
Sindonews.com – Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, mengatakan, hubungan Indonesia dengan Australia masih erat. Marty minta kebijakan Perdana Menteri Australia, Tony Abbott tidak mengejutkan kedua belah pihak.

Hal itu disampaikan Marty saat menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, pada Senin (23/9/2013) lalu.

”Eratnya hubungan bilateral RI-Australia, kiranya dapat diterjemahkan pada tataran multilateral, dengan menjalin posisi bersama pada isu-isu multilateral, di mana kedua negara mempunyai common interest,” kata Marty, dalam pertemuan itu, seperti dikutip situs Kemlu RI, Kamis (26/9/2013).

Dia berharap peran lebih Australia yang saat ini duduk sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB, dan bakal berkesempatan menjadi Presiden DK PBB. ”Kiranya Australia dapat mendorong DK PBB memiliki tranparansi yang lebih besar dan memberi kesempatan bagi negara non-anggota DK PBB untuk menyalurkan kontribusinya kepada DK PBB,” ujarnya.

Sementara itu, Julie Bishop, menyambut baik penafsiran Marty, soal taraf hubungan Indonesia dan Australia yang telah memasuki level multilateral. Terkait masalah pencegahan para pencari suaka yang menggunakan perahu, Bishop berharap Indonesia bisa ikut membantu.

”Australia mengharapkan dukungan Indonesia untuk dapat mencegah kapal-kapal nelayan dengan bendera Indonesia yang dipergunakan untuk tujuan tersebut,” ujar Bishop.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6773 seconds (0.1#10.140)