6 napi di El Savador tewas dicekik

Kamis, 26 September 2013 - 07:46 WIB
6 napi di El Savador  tewas dicekik
6 napi di El Savador tewas dicekik
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya enam narapidana dicekik sampai mati di penjara di Tonacatepeque, El Salvador, Rabu (25/9/2013). Demikian diungkapkan petugas sipir di penjara di Tonacatepeque.

Polisi mengatakan, dua di antara narapidana tersebut adalah anak-anak. Semua korban tewas diyakini sebagai anggota geng Mara Salvatrucha, kelompok penjahat internasional yang terlibat dalam pemerasan, pemerasan, dan perdagangan narkoba. Mereka menjalani hukuman atas beberapa kejahatan, termasuk pemerasan dan pembunuhan.

Sipir penjara meyakini, aksi pembunuhan telah direncanakan dengan baik. Sebab, para korban mabuk dalam perayaan Hari Tahanan dan lebih mudah untuk dihabisi. "Aksi pembunuhan terjadi pada Hari Tahanan, saat para tahanan belum kembali ke sel mereka," ungkap direktur penjara Tonacatepeque, Irma Mejia.

"Narapidana memberitahu petugas sipir, bahwa enam narapidana tersebut sakit. Tetapi, ketika para penjaga tiba, mereka semua sudah mati," terang Mejia. Sipir menduga kematian enam narapidana tersebut diperintahkan oleh pemimpin geng lain yang menjalani hukuman di penjara berbeda.

Guna menghindari keadaan kian memburuk,, penjagaan telah diperketat dengan menambahkan jumlah unit patroli di penjara Tonacatepeque. Selama ini, penjara-penjara di El Salvador terkenal dengan kondisinya yang penuh sesak dan sering kali dilanda aksi kekerasan, sebagian besar dari penghuninya merupakan anggota geng Mara Salvatrucha dan 18th Street yang masih menjalani proses persidangan dan menjalani hukumannya.

Pada Maret 2012 lalu, kedua geng telah menandatangani kesepakatan damai. Meski demikian, ditakutkan kesepakatan damai itu mungkin telah berakhir. Sebab, dalam beberapa bulan terakhir aksi pembunuhan antar geng di penjara kembali meningkat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6367 seconds (0.1#10.140)